Dukungan Top level management penting dalam implementasi system

Kurang lebih 3 bulan terakhir di kantor baru di habiskan untuk migrasi system aplikasi komputer lama ke System aplikasi baru. Mulai dari persiapan migrasi data, tranning End user dan juga control harian selama masa implementasi awal.

Untuk implentasi System baru ini tidak melalui masa transisi terlebih dahulu, semua di migrasi langsung dari system lama ke system baru. Awalnya agak pesimis juga kalau bisa berjalan lancar di awal implementasi karena untuk masa awal langung berjalan di Kantor Pusat dan Cabang Jakarta yang menurut catatan memiliki tingkat transaksi terbanyak dari cabang2 lainnya.

Tapi untung-nya Migrasi Aplikasi ini mendapat dukungan penuh dari Semua Top level management dan juga Owner perusahaan, dengan dukungan yang ada 1 bulan pertama masa implentasi ini bisa di bilang cukup lancar walau ada beberapa hambatan dalam penyesuaian SOP (Standart Operational Procedure).

Beberapa user harus mulai menyesuaikan diri dengan proses kerja baru yang ada, masalah ini yang menjadi hambatan di masa-masa awal implentasi. Dan gag sedikit juga hal penyesuaian system kerja baru ini menjadi perdebatan saya dan juga temen2 IT lain dengan End User yang sudah terbiasa dengan cara kerja pada system lama.

Ada beberapa user yang bisa dengan cepat dan mudah di jelaskan dalam pengunaan system baru, dan ada juga beberapa user yang harus di jelaskan sampai mulut “Berbusa-busa” tapi gag ngerti2 juga, atau mengerti sesaat tapi di lain waktu menanyakan lagi hal yang serupa… *Menyebalkan*

Dengan adanya dukungan dari Top level management hal-hal tersebut bisa terselesaikan, karena sepertinya para End user akan lebih bisa di control langsung oleh Top level management yang menjadi atasan langsung mereka.

Dari hal tersebut diatas menang jelas terasa kalau peranan/dukungan dari Top level management seperti yang ada di beberapa TextBook sangat penting dalam proses implementasi sebuah System Informasi. Tidak jarang perdebatan berujung pada DeadLock yang tidak bisa di selesaikan, user sering kali berubah keperluan yang mereka buat sebelumnya pada masa awal Proses Interview Requirment / masa pengumpulan keperluan. Dengan adanya dukungan dari Top level management hal2 tersebut bisa lebih mudah di selesaikan, karena User2 akan lebih ada diatur oleh atasannya langsung 🙂

Adanya dukungan dari para manager memang tidak menjamin implementasi system komputer dapat berjalan lancar 100%, tapi paling tidak dengan mendapat dukungan dari mereka permasalahan dengan seputar penerapan SOP kerja baru bisa terselesaikan. Selanjutnya hanya tinggal menangani masalah2 seputar system yang ada dan juga permasalahan teknis lainnya.



3 Comments

  1. Dukungan top level management memang penting karena kalau ada yang macem-macem nanti bisa langsung pakai bahasa kekuasaan. Kalau nggak begitu, user akan cenderung resisten, apalagi kalau tipikalnya adalah user yang takut, ragu dan khawatir jika sistemnya diganti.

    Tentu saja dukungan tersebut tidak menafikan kemungkinan feedback dari user pengguna maupun persiapan yang harus lebih matang.

    BTW, desain blognya bagus. Tegas dan mantap.

  2. kaga mudeng neh saya gan, btw slm knl yah

Leave a Reply