Step by step, memindahkan wordpress ke hosting baru

Tulisan ini sekedar berbagi pengalaman memindahkan Blog yang dibuat dengan wordpress dari satu hosting ke tempat hosting baru lainnya.  Proses ritual pemindahan tidak terlalu rumit hanya dengan melakukan beberapa step berikut:
STEP 1
Agar lebih aman backup terlebih dahulu semua data file yang ada pada domain lama, yang terpenting dalam melakukan backup ini adalah data2 THEMES, PLUGIN dan juga data UPLOADS yang terdapat pada folder WP-CONTENT. Folder UPLOAD berisi data2 images dan juga beberapa file yang digunakan dalam posting. Selain ketiga data diatas mungkin juga terdapat folder2 lain yang dibuat oleh plugin yang kita install.
STEP 2
Lakukan backup database wordpress lama dari phpMyAdmin, berikut panduan untuk melakukan backup database dari phpMyAdmin yang ada.
Langkah awal masuk kedalam phpMyAdmin yang disediakan pada tempat hosting lama kemudian pilih database wordpress yang digunakan, setelah masuk akan muncul tampilan seperti dibawah ini kemudian click TAB EXPORT yang terdapat dibagian atas daftar table yang ada.
Kemudian akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah ini, pastikan beberapa hal berikut :
  • Semua table terpilih untuk dibackup
  • Format export mengunakan format SQL
  • Backup semua data dan juga struktur table
  • Gunakan format ZIP dalam membackup agar lebih mudah didownload
Setelah selesai melakukan setting tekan tombol GO yang terdapat dibagian kanan bawah dan download file ZIP hasil backup yang dihasilkan.
STEP 3
Lakukan Fresh install wordpress pada lokasi domain dan hosting baru yang akan digunakan, untuk fresh installasi ini dapat mengunakan fasilitas Fantastico atau One click yang disediakan oleh hosting yang ada.
STEP 4
Lakukan upload data THEMES dari hasil backup hosting lama ke dalam folder WP-CONTENT/THEMES yang ada pada wordpress hasil install di tempat hosting baru. Lakukan juga upload data2 plugin dari hosting lama ke folder WP-CONTENT/PLUGINS pada hosting baru, dan terakhir lakukan juga upload semua data pada folder UPLOAD yang telah dibackup dari hosting lama ke lokasi WP-CONTENT pada wordpress di hosting baru.
STEP 5
Selanjutnya backup database wordpress di lokasi hosting baru (Ikuti langkap backup pada step 2), setelah selesai backup hapus semua table pada database yang dibentuk dari hasil installasi fresh install wordpress di lokasi hosting baru.
STEP 6
Lakukan import semua table database dari lokasi hosting lama ke lokasi database pada hosting baru, berikut panduan untuk melakukan import database dari hosting lama.
Langkah awal masuk kedalam phpMyAdmin pada lokasi hosting baru dan buka database yang digunakan oleh wordpress pada lokasi hosting baru, selanjutnya tekan tombol IMPORT.
Dari halaman baru yang ada berikut ini tekan tombol UPLOAD dan pilih file hasil backup dari STEP 2 sebelumnya, dan kemudian tekan tombol GO.
NOTES
Sebagai catatan mungkin table wordpress di lokasi hosting lama dan table wordpress dilokasi baru memiliki PREFIX nama table yang berbeda, jika ini terjadi sebelum melakukan import data lakukan perubahan nama PREFIX table terlebih dahulu dari hasil file backup yang ada dan baru kemudian lakukan IMPORT data diatas.
Setelah beberapa step diatas seharusnya wordpress pada lokasi hosting baru sudah siap digunakan dan bisa diakses kembali.
STEP TAMBAHAN
Dalam kasus ini saya juga melakukan pengantian nama domain lama dengan sebuah nama domain baru dan karena wordpress mengunakan absolute path untuk URL link dan juga IMAGES LOCATION  jadi perlu sedikit perubahan data pada setting wordpress yang terdapat table WP_OPTION. Perubahan ini untuk menganti beberapa value PATH yang dicatat oleh wordpress dan digunakan untuk mengenerate absolute PATH.
Untuk perubahan tambahan ini buka phpMyAdmin dan gunakan fasilitas QUERY yang ada untuk menginsert SQL command perubahan data berikut:

QUERY 1
Masukan query berikut kedalam SQL textbox yang ada, pastikan juga menganti value2 contoh query dibawah ini sesuai dengan nama table yang digunakan dan juga value nama domain baru dan nama domain lama.

[javascript]

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, ‘http://www.old-domain.com’, ‘http://www.new-domain.com’) WHERE option_name = ‘home’ OR option_name = ‘siteurl’;

[/javascript]

QUERY 2

[javascript]
UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, ‘http://www.old-domain.com’, ‘http://www.new-domain.com’);
[/javascript]

QUERY 3

[javascript]
UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, ‘http://www.old-domain.com’, ‘http://www.new-domain.com’);
[/javascript]

QUERY 4

[javascript]
UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, ‘http://www.old-domain.com’,’http://www.new-domain.com’);
UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, ‘http://www.old-domain.com’, ‘http://www.new-domain.com’);
[/javascript]

ERROR MESSAGE

Terkadang muncul error message berikut saat kita mengunakan fasilitas upload gambar setelah migrasi wordpress

“nama-images.jpg” has failed to upload due to an error Unable to create directory /home/ruangkecil/2010/02. Is its parent directory writable by the server?”

Jika hal ini terjadi coba buka setting -> Media dari Dashboard wordpress di lokasi hosting baru, dan kosongkan value yang ada pada bagian …

Related Posts

Tags



1 Comment

  1. ahaha, i finally found this article, after spreading some keyword over google -_-” maybe my keyword is wrong, anyway thanks for tutorial.. i forgot the query to change my image domain 😛

Leave a Reply