5 pilihan LaTeX Editor

Posting kali ini saya mau berbagi beberapa Editor yang dapat digunakan untuk membuat tulisan dalam format LATEX.

Untuk yang telah baru memulai menuliskan dokumen dengan Latex mungkin agak kesulitan diawal memulai, karena latex lebih akan terasa seperti menuliskan script programming dari pada menuliskan dokumen. Semua penulisan didalam Latex akan diawali dengan markup atau tag2 simbol yang akan terasa membingungkan. Berbeda dengan penulisan mengunakan Word Processor yang umum digunakan seperti Ms. Word, OpenOffice atau lainnya, dalam penulisan dokumen dengan Latex kita harus mengcompile hasil tulisan yang kita buat (tentunya dengan markup2 yang ada dalam latex) menjadi beberapa format yang siap disajikan sebagai sebuah dokumen. Seperti saya tuliskan sebelumnya menuliskan dokumen dengan latex akan seperti menuliskan sebuah program, karena pada akhirnya kita harus mengcompile hasil tulisan kita tersebut sebelum terbentuk output dalam format PDF (Portable Document Format), DVI (DeVice Independent) atau PS (Post Script).

Yang sering menjadi pertanyaan adalah kenapa susah2 mengunakan Latex dalam membuat dokumen jika bisa mengunakan Word Processor lain yang lebih mudah digunakan, untuk pertanyaan ini saya sendiri tidak punya jawaban yang pasti sepertinya. Semua kembali kepada kegunaan yang diperlukan, Latex sendiri memang memiliki kelebihan dalam hal membantu membuat tulisan Notasi Matematika atau formula yang sangat kompleks kedalam tulisan didalam dokumen. Mungkin masih banyak alasan lain yang berbeda mengapa mengunakan Latex dalam membuat dokumen, namun setidaknya alasan tersebut yang membuat saya mencoba menuliskan dokumen dalam Format TeX, dan satu alasan lainnya adalah saya harus menyajikan penulisan Thesis project yang sedang saya kerjakan dengan mengunakan format TeX =)

Berikut sedikit mengutip penjelasan latex dari wikipedia

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya[1]. Pada awalnya LaTeX ditulis pada awal 1980-an oleh Leslie Lamportdi SRI International [2]. Versi paling mutakhir adalah LateX2e.


Untuk memudahkan penulisan dalam format TeX atau Latex maka kita dapat mengunakan bantuan beberapa editor yang tersedia saat ini, mulai dari Editor yang bersifat Free hingga yang hadir dalam versi premium yang harus kita bayar. TeX sendiri sebagai compiler penghasil dokumen bersifat Free dan gratis untuk digunakan, namun layanan editor yang ada hadir dalam versi bayar. Berikut beberapa editor Latex yang ada dan sempat saya coba gunakan, silakan dipilih sendiri mana yang dirasakan paling cocok untuk digunakan dengan keperluan yang ada.

Sebelum memulai menulis dengan Latex kita perlu menginstall TeX Compiler dan juga beberapa tools berikut untuk melakukan kompilasi file TeX dan juga melihat hasil output yang berupa DIV file, PDF file atau PS (PostScript) file yang dihasilkan dari hasil kompilasi TeX document yang kita buat. Berikut beberapa yang perlu kita siapkan sebelum membuat document dalam format Latex.

1. MiKTeX: aplikasi ini digunakan untuk mengcompile file TeX yang kita buat untuk menghasilkan beberapa format output yang diperlukan (PDF, DVI atau PS)

2. GhostScript, GhostView dan GSView: aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan file format PS (Postscript) dan juga menampilkannya.

3. SumatraPDF: Aplikasi alternative optional untuk menampilkan file dengan format PDF, tentunya kita juga dapat mengunakan Adobe Reader untuk membaca file dengan format PDF.

4. Text Editor, yang aplikasi terakhir yang perlu kita persiapkan adalah Text Editor untuk membantu kita menuliskan file format TeX.

Untuk menginstall semua aplikasi diatas kita dapat mendownload satu persatu link yang ada diatas kemudian menginstall dan melakukan sedikit setting yang diperlukan untuk masing-masing aplikasi tersebut, namun jika tidak mau report menginstall satu persatu saya merekomendasikan untuk mengunakan aplikasi USBTeX portable yang sudah mem-bundle semua aplikasi diatas menjadi sebuah file installasi instant yang siap digunakan untuk menuliskan dokumen dengan format TeX.

Saat ini saya mengunakan USBTeX portable tersebut untuk membantu menyiapkan semua aplikasi yang diperlukan untuk penulisan dokument dalam format TeX, dan USBTeX ini juga telah dilengkapi dengan sebuah editor TeX secara default. Aplikasi editor yang diinclude didalam installasi USBTeX adalah TeXMaker, hingga saat ini saya masih mengunakan editor ini sebagai bantuan menuliskan document dalam format TeX.

Berikut beberapa LaTeX editor lain yang bisa digunakan sebagai alternative bantuan penulisan:

1. TEXMAKER (Free)

Aplikasi standar yang disertakan didalam paket USBTeX, saat ini versi terakhir yang saya gunakan adalah versi 1.9.9. Hingga saat ini saya masih mengunakan TeXMaker ini sebagai editor utama dalam menuliskan dokumen dalam format TeX. Walaupun terkadang masih juga mengunakan beberapa editor lainnya.

TeXMaker - Latex Editor

2. WinEdt (Premium)

Editor kedua ini merupakan editor Latex versi bayar, saya sempat mencoba mengunakan versi trial dari editor ini dan cukup bagus untuk pengunaan. Process compile juga sudah terintegrasi dengan editor winEdt ini, dan jika ada kesalahan dalam penulisan comman TeX juga akan langsung muncul pesan kesalahannya dan kita dapat langsung memperbaikinya. Namun karena versi trial sudah berakhir saya kembali mengunakan editor versi Free.

Latex Editor - winEdt

Latex Editor - winEdt

3. PCTeX (Premium)

Editor PCTeX ini merupakan editor Latex versi bayar, kelebihan dari editor ini meurut saya adalah paket installasi sudah terintegrasi dengan compiler LaTeX yang diperlukan seperti MiTeX, GhostScript, GhostView dan PDFLatex. Saat selesai installasi semua keperluan latex mulai dari compiler dan editor langsung tersedia pada komputer yang kita gunakan, jadi kita tidak perlu repot2 lagi melakukan setting dan installasi TeX Compiler yang menurut saya agak susah saat pertama kali mencoba LaTeX. Kelebihan lainnya jika terdapat package2 latex yang kita gunakan tapi belum terinstall pada komputer kita maka PCTeX akan secara automatis mendownload package tersebut dari repository milik PCTeX.

PCTeX - Latex Editor

PCTeX - Latex Editor

4. TexWorks (Free)

TexWorks aplikasi LaTeX Editor versi free yang dapat menjadi alternative untuk digunakan, UI yang ada pada editor ini sangat sederhana sehingga sangat ringan untuk digunakan.

TexWorks

TexWorks

5. WinShell (Free)

Pilihan editor latex versi free lainnya adalah WinShell, UI pada editor ini juga sangat sederhana dan sangat ringan digunakan.

WinShell - Latex Editor

WinShell - Latex Editor

Untuk posting kali ini saya baru sempat mencoba 5 editor diatas, kalau ada yang mempunyai informasi TeX editor lain yang lebih bagus mungkin bisa bantu share juga disini lewat reply comment yang ada.

Tambahan:

Tulisan LaTeX yang ada di posting ini memang seperti itu adanya, bukan bermaksud ikut trend penulisan ala Al@y yang ada sekarang  =D



Leave a Reply