Launching Samsung Galaxy Tab 10.1 di Pasific place

Berikut sedikit berbagi pengalaman saat membeli barang sampai antri hampir 10 jam di Pasific Place hari sabtu tanggal 2 July 2011 kemarin, ini pengalaman saya pertama ikut antri product promo dan antri gila-gilaan    🙂

Untuk acara launching Samsung Galaxy Tab 10.1 pertama di Indonesia kemarin diberikan harga special promo Rp.  4.500.000 dari harga normal sebesar Rp. 6.000.000. Harga promo diberikan setelah potongan sebesar 1 Juta rupiah, ditambah potongan 300 ribu jika mengunakan kartu kredit BCA, dan juga tambahan 200 ribu untuk 200 orang pertama yang ada dalam antrian. Jadi total potongan harga yang bisa didapat sebesar Rp 1.500.000.  Saya sendiri gag terlalu mengharapkan untuk bisa dapat potongan 200 ribu saat ikut antri kemarin, potongan 1,3 Juta sudah cukup karena pasti antrian 200 orang pertama akan sangat padat.

Rencana awal saya untuk ikut antrian berangkat dari rumah jam 6.30 Pagi dengan perkiraan jam 7.30 sudah bisa sampai dilokasi, dan rencana awal sebelum jam 12 siang sudah bisa pulang dengan membawa Galaxy Tab 10.1 baru, tapi rencana tidak sesuai yang diharapkan karena sampai di lokasi antrian sudah panjang dan berputar2 hingga sampai ke jalan raya  🙁

Saat sampai di lokasi jam 7.30 saya dapat antrian hampir di paling belakang, dan sekitar satu jam kemudian sekitar jam 8.30 Antrian sudah ditutup oleh petugas security dengan diberi batas garis merah sebagai tanda akhir antrian. Dari informasi sebelumnya total penjualan saat launching pertama kemarin memang hanya akan dibatas 1000 unit yang akan dijual. Walaupun sudah di beri garis batas akhir antrian tetap masih banyak yang antri dibelakang garis pembatas dengan harapan terdapat penambahan unit yang dijual dan juga ada beberapa yang mundur dari antrian “resmi” didepan garis pembatas.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kurang lebih hingga jam 9.30 baru MC acara mulai terdengar dan antrian mulai bergerak. Sampai disini saya sudah mulai ragu kalau jam 12 siang sudah bisa keluar dari antrian dan bisa pulang karena posisi antrian saya hampir di paling belakang. Dari rencana awal untuk pulang jam 12 sepertinya gagal total, karena saat jam tersebut saya baru sampai di “tikungan” baris pertama untuk berputar ke baris berikutnya  🙁

Disini mulai “galau” untuk keluar antrian dan pulang karena gag ada persiapan untuk antri terlalu lama sebelumnya, Rokok ketinggalan di mobil dan juga tidak bawa konsumsi selama ada di antrian. Tapi karena sudah terlanjur antri selama 3 jam jadi terpaksa dipaksakan untuk tetap sampai selesai, dan kebetulan akhirnya tukang Rokok dan Air minum mulai terlihat mondar-mandir di sekitar antrian jadi lumayan ada konsumsi selama di antrian  🙂

Setelah antri hampir 10 jam akhirnya tiba juga di ujung antrian dan diberi kartu berisi nomor 1059, dan sekitar 20 menit kemudian nomor antrian terakhir diberikan. Dan MC dari dalam ruangan memberitahukan kalau penjualan unit terakhir hanya untuk yang telah mendapatkan kartu antrian.

Ini pengalaman pertama saya beli barang sampai antri mengila di depan Mall dari pagi sampai sore, dan kalau tahu akan antri sampai seperti kemarin mungkin saya gag akan berangkat untuk ikut antri demi sebuah barang.

Dari sisi pembeli yang ikut antri kemarin sepertinya ada beberapa type pembeli menurut saya:

1. Pembeli yang memang Teknologi Antusias dan ingin mencoba versi Honey Comb Android terbaru.

2. Pedangang yang ikut antri untuk memborong barang dengna harga promo dan dijual kembali dengan harga normal, karena gag sedikit yang pakai “Joki Antrian” untuk beli lebih dari satu barang dan si Boss gag ikut antri cuma masuk saat transaksi pembayaran. Dan selesai dapat barang banyak juga yang langsung buka lapak di sekitar lokasi.  🙂

 

Dan menurut saya pribadi ada beberapa hal yang buat antrian pembeli sangat banyak kemarin.

1. Samsung Galaxy Tab 2 (10.1 inch) ini sudah lama ditunggu untuk masuk Indonesia.

2. Promo Online dan juga “gosip” sudah beredar dari akhir tahun lalu, dan review sudah beredar di internet.

3. Harga Promo yang  jauh lebih murah dari perkiraan awal, sebelumnya beredar akan di Bandrol dengan harga lebih tinggi dari galaxy Tab versi sebelumnya. Berkisar antara harga 8-9 Juta rupiah. Kalau keluar dengan harga tersebut mungkin akan sepi pembeli karena product lainnya seperti iPad dan Android table 10 inch keluaran Acer dan Asus sudah muncul dengan harga yang lebih rendah.

Dari sisi marketing sepertinya samsung sengaja melakukan penjualan di bagian luar Mall dan membiarkan antrian pembeli yang sangat banyak terlihat oleh lalu lintas diluar tersebut.

Samsung juga sudah mengeluarkan prototype product tersebut jauh sebelumnya dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari yang dipasarkan kemarin. Di luar sudah beredar Galaxy Tab 10.1v (kode V dibelakang seperti seri untuk bundling dengan Vodafone).

Seri Galaxy Tab 10.1v tersebut memiliki spec hardware yang cukup “WOW” dengan camera 8 Mb dibagian belakang dan 2Mb dibagian depan, juga dilengkapi dengan juga USB port dan beberapa lainnya.  Dengan versi tersebut yang beredar terlebih dahulu Galaxy Tab 10.1v banyak mendapat review bagus di Internet, ini juga mungkin salah satu strategi marketing yang dibuat untuk galaxy tab agar banyak di review di internet.

Sayangnya spec yang pernah saya lihat hasil reviewnya tersebut tidak sama dengan Galaxy Tab 10.1 yang beredar di Indonesia kemarin, ya sepertinya samsung memang membuat perubahan besar setelah iPad 2 launching di US. Beberapa spec di ganti untuk mengejar menjadi lebih tipis dan lebih ringan dari iPad, beberapa lainnya juga dicopot agar harga bisa menjadi lebih bersaing dengan iPad 2 dan juga product Table Android lainnya.

Saya sendiri merasa harga promo kemarin dengan spec yang ada sudah cukup untuk saat ini, karena mungkin jika keluar dengan harga diatas 7 juta mungkin tidak akan membelinya. Apa lagi masih ada Galaxy Tab 7 inch generasi sebelumnya dan masih sangat nyaman digunakan. Dari sisi spec hanya kecewa kalau USB port dihilangkan karena ini menjadi kelebihan jika dibandingkan dengan iPad. Untuk camera yang di downgrade saya sendiri gag terlalu masalah karena tidak terlalu penting untuk hal ini, dengan ukuran 3,2 Mb yg ada sekarang juga sudah cukup dan saat dicoba juga hasilnya bagus untuk sharing picture secara mobile.

Untuk Review detail Galaxy Tab 10.1 ini akan saya buat di posting berikutnya.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Tags



4 Comments

  1. sampe di PP jam setengah 8 aj udah dapet antrian paling belakang gan??
    gilaaaaa… gmn buat yang samsung galaxy sii…
    berangkat dari rumah jam berape ane neh??
    infoin lebih jelas lagi donk gan.. klo bisa…
    bukannya panitia udah nentuin yak.. cm bisa beli 1 doank..

    • Dari hasil ngombrol sama satpam PP disana kemarin, antrian pertama sudah mulai dari jam 9 Malam hari sebelumnya. Dan jam 10 malam sudah mulai banyak yang camping disana 🙂
      Tapi sepertinya mereka “Joki” atau orang titipan yang diminta untuk antri dan nginep disana. Secara aturan dari pantia memang 1 orang boleh beli 1, tapi bisa titip banyak joki untuk antri dan bayar pakai 1 kartu kredit saja kemarin.
      Untuk Galaxy S II kayaknya saya gag ikut antri lagi bsk, mungkin kejadiannya bakal sama besok.

  2. Wah ni gadget keren bangeeett..
    pengen punyaa. ><

Leave a Reply